Cara Bermain Capsa Susun

4523 views

Cara Bermain Capsa Susun

Sobat-sobat pecinta game kartu, untuk Anda yang ingin mengetahui tentang cara bermain capsa susun, melalui artikel ini admin capsasusun.org akan mencoba membahasnya untuk seluruh sobat-sobat yang ingin mengetahuinya.

Setelah pada artikel sebelumnya admin membahas sedikit singkat tentang apa itu game CAPSA, tentunya sobat-sobat sudah mengetahui gambaran permainannya. So, untuk ini Let’s cekidautttt tentang cara main capsa susun-nya…. 😀

Dalam permainan kartu capsa susun, kartu berangka 2 adalah kartu yang paling rendah sedangkan As adalah kartu yang paling tinggi. Permainan capsa susun adalah permainan yang di mana kita harus menyusun 3 susunan baris kartu, yaitu 3 kartu di susunan atas, 5 kartu di susunan tengah dan 5 kartu di susunan bawah.

Contoh susunan game cara bermain capsa susun seperti gambar di bawah ini :

Cara Bermain Capsa Susun

Cara Bermain Capsa Susun

 

Untuk susunan kartu paling bawah harus lebih besar dari susunan kartu tengah, dan susunan kartu tengah harus lebih besar daripada susunan kartu paling atas. Susunan kartu kombinasi dalam permainan capsa susun adalah sama seperti ranking poker di tangan, namun dalam Capsa Susun kartu kombinasi tertinggi adalah Dragon. Untuk lebih jelas langsung saja lihat gambar-gambar dan penjelasan di bawah ini :

Dimulai dari yang tertinggi yaitu :

– Dragon

Contoh Gambar :

Dragon


– Royal Flush

Merupakan kombinasi susunan 5 kartu tertinggi dengan angka yang berurutan dimulai dari angka 10 dan juga kembang yang sama.

Contoh gambar :

Royal Flush

Royal Flush


 

– Straight Flush

Merupakan kombinasi 5 kartu berurutan serta kembangnya juga sama, tetapi tidak ditentukan di mulai dari angka berapa. Misalnya 4-5-6-7-8. Untuk menentukan mana seri yang lebih tinggi lihat dulu angka tertingginya, baru kemudian lihat kembangnya.

Contoh gambar :

Straight Flush

Straight Flush


 

– Four of a Kind ( Piting / Siki )

Kombinasi empat kartu yang berangka sama dengan dilengkapi dengan 1 kartu bebas. Di dalam kombinasi ini yang berperan penting adalah 4 kartu yang mempunyai angka yang sama, sedangkan 1 kartu berikutnya hanyalah sebagai pelengkap saja. Apabila Kombinasi 4 of a Kind ( Piting / Siki ) melawan kombinasi yang sama juga, maka yang dibandingkan adalah angka tertinggi yang terdapat pada 4 kartu.

Contoh gambar :

Four of a Kind

Four of a Kind


 

– Full House ( Polo )

Merupakan kombinasi antara pair dan 3 of a kind (threes). Kombinasi Fullhouse ditentukan dari 3 of a kind threesnya. Misalnya Fullhouse 3 adalah K-K-K-5-5. Untuk menentukan Fullhouse mana yang lebih tinggi dilihat dari Three of a Kind. Misalnya kombinasi threes King & pair 5 akan menang melawan threes 9 & pair Ace. Walaupun pair Ace lebih tinggi dari pair 5.

Contoh gambar :

Full House

Full House


 

– Flush / Kartu Sama Kembang

Merupakan kombinasi 5 kartu dengan kembang yang sama, dibandingkan dari kembang, dimana sekop merupakan kembang paling tinggi, diikuti hati, keriting dan wajik merupakan kembang paling rendah. Jika terdapat kombinasi kembang yang sama, maka akan dibandingkan dari angka kartu terakhir (tertinggi) dimana kartu As adalah kartu paling tinggi. Misalnya 3-4-8-J-A lebih tinggi dari 5-9-10-Q-K .

Contoh gambar :

Flush

Flush


 

– Straight ( Seri Berurutan )

Merupakan kombinasi 5 kartu dengan angka yang berurutan. Misalnya 6-7-8-9-10, atau 9-10-J-Q-K. Untuk menentukan straight mana yang lebih tinggi biasanya yang dipilih adalah kartu terakhir di dalam straight tersebut. Misalnya 6-7-8-9-10 lebih rendah daripada 9-10-J-Q-K. Karena kartu terakhir dari straight 6-7-8-9-10 adalah 10, sedangkan kartu terakhir straight 9-10-J-Q-K adalah K. Jika Kombinasi urutan angka sama, maka untuk menentukan straight yang menang dengan melihat kembang pada kartu terakhir, contoh : Straight1  dengan Straight-, maka Straight yang menang adalah Straight1 karena kartu terakhir Straight adalah J sekop.

Contoh gambar :

Straight

Straight


 

– Three of a Kind ( Threes )

Kombinasi 3 kartu yang memiliki angka yang sama, jika diletakkan pada susunan paling bawah dan tengah, harus ditemani oleh 2 kartu acak. Contoh: 8(hati), 8(keriting) dan 8(wajik).

Contoh gambar :

Three of a Kind

Three of a Kind


 

– Two Pairs ( Double Pairs )

Susunan dua pasang kartu pair, dengan ditemani oleh 1 kartu acak. Jika ditemukan kedua player yang memiliki double pair di susunan kartu yang sama, maka yang dilihat adalah pair yang paling besar dan kemudian kembangnya. Jika ditemukan two pairs ( double pairs ) yang seimbang, maka yang dilihat adalah kembangnya.

Contoh gambar :

Two Pairs

Two Pairs


– Pair

Sepasang kartu dengan angka yang sama; di mana “pair 2” merupakan pair paling rendah dan “pair As” merupakan pair paling tinggi. Jika player hendak membuat susunan kartu pair di susunan kartu bawah atau tengah, maka pair tersebut ditemani oleh 3 kartu acak lain. Namun jika pair tersebut berada di susunan kartu atas, maka pair tersebut akan ditemani oleh 1 kartu acak. Jika ditemukan pair yang seimbang ( misalnya di susunan paling atas ), maka yang dilihat adalah kembang pair tersebut. Misalkan : Susunan kartu teratas untuk Player A memiliki pair King  Pair1, sedangkan Player B memiliki pair King juga Pair-, maka pemenangnya adalah player A, karena memiliki pair King yang kembangnya sekop.

Contoh gambar :

Pair

Pair


 

Perhitungan Kartu :

1. Perhitungan kartu dilakukan saat waktu yang diberikan habis

2. Perhitungan dilakukan antar player (head to head) dari susunan kartu yang paling bawah lalu lanjut ke susunan kartu tengah, dan yang terakhir susunan kartu paling atas

3. Setiap susunan yang menang akan mendapatkan 1 point. Namun berbeda untuk perhitungan “barang”.

4. Jenis-jenis hitungan “barang”:

Threes atas akan mendapatkan 5 point.

Full house di susunan tengah akan mendapatkan 3 point.

Four of a kind di susunan bawah akan mendapatkan 7 point.

Four of a kind di susunan tengah akan mendapatkan 14 point.

Straight flush di susunan bawah akan mendapatkan 9 point.

Straight flush di susunan tengah akan mendapatkan 18 point.

Royal flush di susunan bawah akan mendapatkan point 11.

Royal flush di susunan tengah akan mendapatkan 22 point.

“Dragon” maka pemenang akan mendapatkan 208 point.

5. Tembus adalah situasi dimana 1 player menang head to head dari player lain nya di setiap susunan bawah, tengah, maupun atas.

Maka point pemenang akan di X2 + bonus “barang”.

6. Tembus keliling (Super) adalah situasi dimana 1 player menang Head to head dari semua player lainnya, baik dari susunan bawah, tengah, maupun atas. Maka point pemenang akan di X4 + bonus “barang”.

NB : SUPER TIDAK BERLAKU JIKA DI GAME DI MAINKAN BER-3.

7. PAO yang berarti player salah dalam meletakan susunan kartu. Maka player yang terkana pao akan di anggap kalah tembus keliling dan perhitungan kartu akan menjadi ((3×4)+bonus “Barang” yang di miliki player lain nya).

8. Biaya kamar adalah 3% dari total kemenangan winner.

Contoh Kasus :

1. Ada 4 player bermain: ANDI, BUDI, CINTA, DITA (Meja Stakes 100 perak)

2. Dibaris pertama ANDI mendapatkan Full House J dan 3, BUDI mendapatkan Flush Hati, CINTA mendapatkan Straight of 9, DITA mendapatkan Pair of As

3. Perhitungannya adalah ANDI memenangkan semua head to head yang artinya mendapatkan masing – masing 100 perak dari semua pemain di Baris Pertama, Total kemenangan baris pertama 300 perak

4. BUDI menang dari CINTA dan DITA, tetapi kalah dari BUDI. Total kemenangan baris pertama 100 perak

5. CINTA menang dari DITA, tetapi kalah dari ANDI dan BUDI. Total kekalahan baris pertama adalah 100 perak

6. DITA kalah dari semua pemain yang ada. Total kekalahan DITA baris pertama adalah 300 perak

7. Demikian sampai baris ke tiga 8. Final Result menunjukan bahwa Total Kemenangan atau Kekalahan dari setiap Player

Nah, itulah info yang bisa admin capsasusun.org berikan untuk seluruh sobat-sobat pecinta game kartu yang ingin mengetahui tentang cara bermain capsa susun.

Semoga bisa memberikan manfaat dan membantu sobat-sobat sekalian yah… :)

Tags: #cara main capsa susun